Pertarungan Memperbaiki Diri Dengan Beban dan Tanggung Jawab

Pertarungan Memperbaiki Diri Dengan Beban dan Tanggung Jawab

http://facebook.com/wie.artha

Rabu, 13 Februari 2013  kegiatan magang mahasiswa alih jenjang D3-D4 ITB kerjasama seamolec dimulai. Beberapa mahasiswa yang telah dibutuhkan tenagangya telah diberangkatkan terlebih dahulu. Berbagai kegiatan dilalui masing-masing mahasiswa yang membuat mahasiswa memiliki pengalaman yang semakin bertambah. Saya adalah Wayan Widya Artana biasanya di sini biasa dipanggil mas “Wayan”. Pembagian penempatan magang dilakukan dengan 2 cara. Beberapa mahasiswa bisa menentukan tempat magangnya sendiri, tetapi beberapa ditentukan oleh pihak Seamolec. Saya beserta Putu Hendra Eka Parman,  Ketut Agus Seputra, Empianus Eko Putra, Ulil Albab, Febrianti Darnis (Yang tercantik diantara kami karena satu-satunya wanita) bertugas magang di Seamolec. Di minggu pertama kami ditugaskan untuk membantu seamolec dalam berbagai kegiatan yang ada sekaligus membelajarkan diri kami untuk nantinya dapat menempuh pendidikan di ITB yang mungkin tidak semudah di perguruan tinggi lainnya. Yang menarik dari kegiatan kali ini adalah mengimplementasikan PJJ (pendidikan jarak jauh) jadi selama mahasiswa magang, proses pembelajaran tetap berlangsung.

Bapak Sajarwo Anggai, dan Bapak Abdul Rizal Adompo adalah pembimbing kami selama magang di seamolec. Pada minggu pertama kami diberikan pengarahan untuk belajar dan langsung untuk mengerjakan project berbasis web yang lumayan kompleks. Kami mulai dilatih untuk dapat saling bekerja sama dalam mengerjakan sebuah project yang kompleks. Project yang kami kembangkan (masi dirahasiakan ) nantinya akan dikembangkan lebih lanjut untuk menjadi sebuah project yang lebih besar dan lebih kompleks.

Presentasi pertama tim kami lakukan pada tanggal 20 februari 2013 kepada Bapak Gatot Hari Priowiryanto yang tidak lain adalah Direktur Seamolec. Presentasi didampingi oleh pembimbing kami. Ditengah kesibukan yang sangat padat, Pak Gatot menyempatkan diri untuk melihat hasil pengerjaan project kami, yang walaupun belum selesai. “Apa yang akan kamu jelaskan Wayan ?” begitulah pertanyaan pertama yang dolontarkan ke saya (yang mempresentasikan project). Kemudian saya mulai menjelaskan sedikit tentang project tersebut. Akan tetapi, dalam perjalanan penjelasannya, ternyata tidak semudah yang saya pikirkan. Beruntung disana ada dua orang Bapak pembimbing yang selalu siap membantu untuk menjelaskan project yang kami kerjakan. “Maaf pak, .. project ini belum sempurna dan selesai karena kami mengerjakan sambil belajar” tambahan penjelasan saya. “Oke … .. kalau begitu, selesaikan sampai Selasa minggu depan”. Nani kita uji cobakan di server kita.

Saya kemudian mulai menggaruk kepala dan menunduk sambil ketawa malu karena merasa akan sangat berat, karena mengerjakan sembari belajar. “Waduh pak … saya usahakan karena ini kami kerjakan sambil belajar” sahut Saya. “Ya … kalau tidak diberikan target nanti kamu belajarnya lambat” sahut Pak Gatot. Kata-kata tersebut akhirnya memberikan semangat dan dorongan serta membuat saya mengerti kalau tanggungjawab dan beban yang diberikan sangat menambah motivasi dan kemauan untuk belajar. Terimakasih Bapak Gatot. The battle for make my life more better has begun.

Berikut adalah beberapa foto kegiatan selama magang.

2013-02-21-1039 2013-02-21-1040

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s